Tips Efektif Menghilangkan Jamur Pada Lemari Pakaian

Saat musim hujan seperti ini membuat udara menjadi lembab sehingga mengakibatkan lemari pakaian yang terbuat dari partikel board (serpihan kayu yang dicampur lem dan dicetak menjadi papan) menjadi berjamur. Karena kelembaban udara yang tinggi di musim hujan, partikel board dengan pelapis dari kertas menjadi media tumbuh jamur yang bagus. Parahnya jamur ini tidak akan hilang walaupun sudah dibersihkan berkali-kali!!

  
Nah ..berikut ini adalah tips efektif untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada lemari pakaian:
1. Membuka jendela kamar setiap hari, gunanya untuk sedikit mengusir hawa kamar yang lembab yang dapat memudahkan jamur untuk tumbuh. Bisa juga menggunakan  media kipas angin jika cahaya matahari tidak terlalu banyak masuk.
2.  Meletakkan sebuah alas papan kayu dibawah lemari yang bertujuan untuk menahan hawa lembab yang berasal dari lantai kamar.
3.  Mengoleskan alkohol pada lemari, caranya : Ambil kain bekas kemudian basahi kain tersebut dengan alkohol yang berkadar 70-80% secukupnya saja. Setelah itu bersihkan jamur yang menempel pada lemari yang berjamur dengan kain tersebut sampai benar-benar bersih. Tunggu  sampai kering. Fungsi alkohol tersebut selain untuk membersihkan jamur, juga sekaligus mematikan jamur, dan alkohol akan cepat menguap sehingga kayu lemari tidak lembab. Setelah benar-benar kering ulangi kembali seperti cara yang diatas, jika masih ada jamur yang tumbuh ulangi kembali sampai jamur didalam lemari hilang. Setelah jamurnya hilang berikan beberapa kamper atau kapur barus disudut lemari khususnya pada bagian dalam dimana tempat baju-baju diletakan.
4. Dan jika penggunaan alkohol tidak mampu melawan tumbuhnya jamur, Anda dapat menggunakan bahan pelapis bening atau tidak berwarna seperti melamin atau pernis untuk menutupi media tumbuhnya jamur. Biasanya bahan ini sebagai pelapis terakhir mebelair yang dipelistur. Anda dapat bertanya langsung ke beberapa toko bahan bangunan. Cara penggunannya : Melamin diencerkan dengan tinner dan dicampur hardener yang sudah disertakan. Cairan pelapis itu dapat digunakan dengan kuas atau semprotan. Aduk rata, lalu cat lemari. Sebaiknya pengecetan dilakukan diluar rumah, karena tiner bisa membuat mata menjadi pedih. Setelah kering lemari bisa digunakan kembali sesuai fungsinya. Sekaleng melamin sekilo dapat untuk melapisi lemari, meja belajar dan pintu. Foilla!! Hasilnya warna asli tetap terjaga dan bertambah kinclong bahkan menjadi kedap air karena sudah dilapisi melamin. Lebih penting lagi mebelair dari partikel board bebas jamur.

5.  Atau dapat juga menggunakan bahan penyerap lembab dan bau yang dapat dibeli dipasaran. Caranya : Letakkan bahan-bahan tersebut didalam lemari atau di dalam kamar agar bisa menyerap air yang ada diudara. Dan cara ini adalah favorit saya karena hasilnya dapat terlihat pada air yang terkumpul pada wadah.
6. Lembab juga terjadi pada ruangan/kamar dengan pencahayaan yang kurang. Disarankan untuk menggunakan penerangan lampu TL jika kamar Anda benar-benar kekurangan cahaya karena lampu jenis TL cukup membantu mengusir jamur karena efek ultravioletnya.
    
Udah pada tau kan sekarang gimana caranya mengusir jamur pada lemari pakaian, nunggu apa lagi, yuk cus bersihkan lemari kita dari jamur.
Semoga postingan saya kali ini bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil !!



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

14 komentar:

Anonim,  13 Agustus 2012 17.09  

thanks...

Rofiqo Aulia 23 September 2012 13.34  

dari pengalaman sih yang paling murah, mudah, dan ampuh adalah dengan meletakkan bahan penyerap lembab didalam lemari :)

pathetic-poetic 22 Januari 2013 11.05  

setuju. dan cara itu sangat efektif sekali. :Db

Anonim,  26 Januari 2013 22.30  

bahan penyerap lembab itu bisa dibeli di toko apa?

Anonim,  31 Januari 2013 09.41  

Nama bahan pelembabnya apa ya?

Harry 1 Februari 2013 15.03  

Kita punya produk untuk mengatasi lemari berjamur nih....
Cukup letakkan XDry ke dalam lemari baju, maka dijamin tas / lemari bebas dari jamur dan bau apek.

Kami juga mencari agen2 di seluruh kota di Indonesia..
Info: www.xdryindonesia.com

All 14 Maret 2013 11.54  

bahan penyerap lembab itu contohnya apa sih?

Rofiqo Aulia 4 April 2013 22.49  

assalamu'alaikum.. maaf ya baru bisa balas soalnya baru buka blog lagi hehehe

@pathetic-poetic pasti sudah mencoba tips dr saya ya? ^^

oiya buat teman2 yg menanyakan bahan penyerap lembab akan saya jelaskan lagi, tapi sebelumnya, yang kita gunakan bahan penyerap lembab ya ..bukan bahan pelembab hehe awas typo bisa beda arti lho :P
jadi yg biasa saya gunakan itu bentuknya butiran2 kecil berwarna putih yang nantinya dimasukkan ke dalam wadah, biasanya ditoko tersedia kemasan langsung pakai ataupun isi ulangnya yaitu butiran2 kecil yang saya sebutkan tadi. Biasanya bahan penyerap lembab dijual di toko swalayan yang lumayan besar.
Untuk contohnya sendiri tuh ada yg jualan hehehe bisa ditanyakan lah, tapi yang biasa saya gunakan adalah merk "Bagus".

Evan 9 April 2013 14.50  

Penyerap lembab Topdrygel lebih ok loh, saya sudah coba. Walau masih baru, tapi lembab dan bau lemari langsung hilang! Belum ada dipasaran, langsung aja lihat di www.topdrygel.com atau langsung pesan di 085814778776

Anonim,  24 Mei 2013 13.47  

penyerap Topdrygel harganya berapa ya?bisa menghilangkan lembab sekamar?

ricky 16 November 2013 13.08  

thank you buat tipsnya. sangat bermanfaat dan berguna.

lemari pakaian 17 November 2013 02.54  

terimakasih atas infonya brow...

Anonim,  1 Maret 2014 09.14  

Terima kasih buat info nya

Gamis Baru 16 Agustus 2014 13.29  

pakaian dh lama tersimpan di lemari, lama gak ditengok, eh ternyata pas dibuka bau dan pada njamur, wekz...
tobat deh, pada gak kepake kalo gini, sip thc atas tipsnya

Poskan Komentar

  © NOME DO SEU BLOG

Design by Emporium Digital